CARA MENENTUKAN MEMBENTUK SEGITIGA ATAU TIDAK DENGAN C++

CARA MENENTUKAN MEMBENTUK SEGITIGA ATAU TIDAK MENGGUNAKAN C++ DAN PASCAL

Cara Menentukan Membentuk Segitiga Atau Tidak - Setelah sebelumnya juga saya memberitahukan bagaimana cara menentukan wujud air menggunakan bahasa pemrograman C++ dan Pascal, kali ini saya akan memberitahukan bagaimana cara menentukan segitiga dari panjang 3 garis. Apakah panjang garis – garis tersebut membentuk segitiga atau tidak ? maka kita akan mencoba membuat program sederhananya. Untuk menentukan apakah panjang – panjang garis tersebut membentuk segitiga atau tidak, maka kita akan menggunakan teorema pertidaksamaan yaitu
1.Jika penjumlahan panjang garis a dengan panjang garis b lebih besar dari c (a+b>c)
2.Jika penjumlahan panjang garis a dengan panjang garis c lebih besar dari b (a+c>b)
3.Jika penjumlahan panjang garis b dengan panjang garis c lebih besar dari a (b+c>a)
Ketiga syarat tersebut mutlak dan jika salah satu hasilnya salah yaitu lebih kecil maka panjang garis – garis tersebut tidak membentuk segitiga.
Berikut Source Code nya :

Source Code Bahasa Pemrograman C++

#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <iostream.h>

void main ()
{
                float a,b,c ;
                cout<<"PROGRAM MENENTUKAN SEGITIGA"<<endl;
                cout<<"==========================="<<endl;
                cout<<"\nMasukan Panjang Garis A : ";
                cin>>a;
                cout<<"Masukan Panjang Garis B : ";
                cin>>b;
                cout<<"Masukan Panjang Garis C : ";
                cin>>c;

                if ((a+b>c)&&(a+c>b)&&(b+c>a)) {
                cout<<"\nPanjang Garis - Garis Tersebut Membentuk Segitiga"<<endl;
                }
                else
                cout<<"\nPanjang Garis - Garis Tersebut Tidak Membentuk Segitiga";
                getch ();

Source Code Bahasa Pemrograman Pascal

 var a,b,c : real ;
begin
  writeln ('PROGRAM MENENTUKAN SEGITIGA');
  writeln ('===========================');
  writeln ;
  write ('Masukan Panjang Garis A : ');readln (a);
  write ('Masukan Panjang Garis B : ');readln (b);
  write ('Masukan Panjang Garis C : ');readln (c);
  writeln;
  if ((a+b>c)and(a+c>b)and(b+c>a)) then
  writeln ('Panjang Garis - Garis Tersebut Membentuk Segitiga')
  else
  writeln ('Panjang Garis - Garis Tersebut Tidak Membentuk Segitiga');
  readln;
end.

Demikian adalah source code yang bisa kita jadikan acuan pembelajaran. Semoga mudah dipahami dan bermanfaat. Saya ucapkan terima kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »